Yuk, Ketahui Apa Saja Tugas Staff Administrasi!
Berbicara tentang pekerjaan admin, tentu yang terlintas pertama kali adalah tugasnya yang secara umum menangani dan melakukan tata kelola administrasi pada sebuah perusahaan. Meski begitu, tugas staff administrasi bukan hanya terbatas pada urusan dokumen saja.
Dalam menjalankan pekerjaannya, seorang staff admin memiliki tanggung jawab utama terhadap keakuratan data. Tentunya ada beberapa tugas lainnya yang harus dijalankan sebagai salah satu upaya untuk mendukung kegiatan operasional sebuah perusahaan.
Tugas dan Tanggung Jawab Staff Administrasi
Sebelumnya sudah disinggung mengenai tugas seorang staff admin yang menangani tata kelola urusan administrasi dalam sebuah perusahaan. Untuk selanjutnya Anda bisa mengetahui beberapa tugas dan tanggung jawabnya di bawah ini:
1. Melakukan Kegiatan Kearsipan
Salah satu tugas yang dilakukan oleh staff administrasi adalah pengarsipan data. Hal ini bertujuan untuk mengelola data dan dokumen perusahaan sehingga bisa terorganisir dan tersimpan dengan baik. Dengan sistem pengelolaan yang tepat maka hal itu akan berguna untuk meningkatkan keamanan informasi.
2. Membuat Agenda Kantor
Tugas staff administrasi lainnya adalah membuat agenda kantor. Tugas ini berkaitan dengan kegiatan pertemuan antara pimpinan perusahaan dengan relasi maupun dengan divisi lain di perusahaan secara langsung. Staff admin bertugas membuat jadwal pertemuan dengan susunan yang tepat.
Dalam pembuatan agenda tersebut seorang staff admin harus mampu menyusun jadwal dengan benar agar tidak bertabrakan dengan agenda atau jadwal lainnya. Bahkan dalam menjalankan tugasnya tersebut staff administrasi memiliki wewenang membuat agenda yang akan dilaksanakan perusahaan.
3. Pembuatan Surat
Selain dua tugas utama diatas, seorang staff administrasi juga memiliki tanggung jawab dan tugas dalam pembuatan surat-surat perusahaan. Surat yang sifatnya resmi tersebut bisa berupa surat perpanjangan kontrak, surat perintah kerja, surat penjualan, surat pembelian dan lain-lain.
4. Melakukan Perekapan Data
Tugas staff administrasi paling umum yang dilakukan adalah merekap data. Perekapan data yang dilakukan berkaitan dengan surat-surat berharga maupun aset perusahaan. Tugas ini biasanya paling sering dilakukan oleh staff administrasi gudang.
Dari keempat poin diatas, bisa disimpulkan bahwa tugas staff administrasi berkaitan erat dengan kegiatan pengarsipan, rekap data, pembuatan surat hingga membuat agenda kantor. Oleh karena itu, diperlukan tenaga yang profesional dan kompeten di bidangnya. Sebagai solusinya, Anda bisa menghubungi bumidayaplaza.co.id untuk kebutuhan tenaga administrasi.
Nah, untuk menjalankan tugas-tugas staff administrasi yang penting tersebut membutuhkan tenaga yang profesional dan kompeten di bidangnya. Sebagai solusinya, Anda bisa menghubungi Bumi Daya Plaza!
Mengapa?
Bumi Daya Plaza merupakan perusahaan penyedia jasa outsourcing terpercaya yang dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan tenaga administrasi. Kami memiliki tim profesional yang berpengalaman dalam merekrut dan menyeleksi staff administrasi profesional dan kompeten yang akan membantu kelancaran operasi perusahaan Anda dan meningkatkan produktivitas kerja.
Hubungi Bumi Daya Plaza sekarang untuk mendapat tenaga alih daya yang kompeten dan berintegritas!