Istilah resepsionis tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda karena hampir semua perusahaan atau kantor ada layanan tersebut. Pekerjaan resepsionis sendiri berkaitan erat dengan pelayanan dan informasi yang dibutuhkan pelanggan. Seperti registrasi bagi pengunjung yang datang di rumah sakit atau hotel.

Dalam hal ini resepsionis bisa diartikan sebagai karyawan yang ditugaskan untuk menyapa dan memberikan pelayanan maupun informasi kepada pelanggan yang datang. Itulah mengapa Anda akan langsung bertemu dengan resepsionis yang biasanya ditempatkan di bagian depan.

Untuk mengemban tugas dan tanggung jawab tersebut, seorang staff resepsionis wajib memiliki sejumlah skill tertentu.

Skill Wajib untuk Posisi Pekerjaan Resepsionis

Pada dasarnya seorang resepsionis memiliki beberapa tugas penting seperti memberikan informasi yang dibutuhkan pelanggan, mencatat data pengunjung, menerima panggilan masuk, dan lain-lain. Untuk menjalankan tugas tersebut, seorang resepsionis harus dibekali dengan beberapa keterampilan seperti berikut ini:

1. Kemampuan dan Keterampilan Komunikasi

Salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki adalah kemampuan dan keterampilan dalam berkomunikasi. Pasalnya, profesi ini bertugas melayani tamu atau pelanggan yang datang maupun yang menghubungi via telepon.

Oleh karena itu, seorang dengan posisi pekerjaan resepsionis harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dengan menggunakan bahasa yang jelas, sopan dan mudah dipahami. Kemampuan komunikasi yang dibutuhkan bukan hanya komunikasi lisan saja tetapi juga tulisan.

2. Kemampuan Customer Service

Pekerjaan resepsionis juga membutuhkan kemampuan customer service yang baik karena menjadi orang pertama yang akan menghadapi pelanggan atau tamu yang datang. Beberapa diantaranya adalah sikap empati, komunikasi persuasif, problem solving, kemampuan mendengarkan, hingga cepat tanggap.

3. Kemampuan Mengoperasikan Komputer

Skill lainnya yang tidak kalah penting adalah kemampuan mengoperasikan komputer khususnya Microsoft Office. Dalam hal ini seorang resepsionis harus bisa menjalankan berbagai aplikasi maupun perangkat lunak yang berhubungan dengan aktivitas pekerjaannya.

Seperti program yang berhubungan dengan manajemen reservasi, jadwal untuk mengatur janji pertemuan, hingga pemesanan. Selain itu, juga diperlukan skill dalam mengelola sistem telepon. Mulai dari menerima panggilan masuk, meneruskan panggilan telepon hingga mengatur jadwal konferensi telepon. 

Pekerjaan resepsionis membutuhkan beberapa skill penting seperti keterampilan dalam berkomunikasi lisan maupun tulisan, kemampuan customer service hingga mengoperasikan komputer. Untuk keperluan tersebut, Anda bisa mendapatkan staf resepsionis yang berpengalaman hanya di bumidayaplaza.co.id.

Jadi, menjadi seorang resepsionis bukan hanya tentang menyambut tamu dan menjawab telepon. Di era modern ini, seorang dengan posisi pekerjaan resepsionis harus memiliki berbagai skill untuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan profesional. Dengan begitu, akan tercipta kesan pertama yang baik bagi tamu dan membantu meningkatkan citra perusahaan.

Menemukan resepsionis yang memiliki semua skill yang dibutuhkan bukanlah hal yang mudah. Unutk itulah Bumi Daya Plaza hadir mitra tepat untuk kebutuhan resepsionis profesional di perusahaan Anda. 

Sebagai perusahaan outsourcing terpercaya yang telah berpengalaman selama bertahun-tahun dalam menyediakan tenaga kerja profesional di berbagai bidang, termasuk resepsionis, kami telah bekerjasama dan dipercaya untuk mengelola 15.000 tenaga alih daya di beberapa perusahaan BUMN dan swasta ternama.

Hubungi Bumi Daya Plaza untuk mendapat tenaga alih daya mulai dari resepsionis, teknisi, IT, hingga sales, dan posisi pekerjaan lainnya.