Di era modern yang serba cepat ini, kita membutuhkan ruang yang tidak hanya fungsional dan nyaman, tetapi juga mampu menginspirasi dan meningkatkan produktivitas. Desain arsitektur memainkan peran penting dalam menciptakan ruang-ruang inspiratif ini.

Pembahasan kali ini, kami akan sajikan informasi pembahasan lengkapnya. Kita akan melihat beberapa elemen kunci yang perlu dipertimbangkan.

Cara Menghadirkan Ruang Inspiratif Melalui Desain Arsitektur 

Dalam ilmu desain arsitektur ini, seorang arsitek akan mempelajari bagaimana menghadirkan ruang inspiratif dalam setiap proyek yang ditangani. Terdapat prinsip-prinsip dasar, faktor-faktor, dan elemen yang perlu dipertimbangkan ketika mendesain sebuah eksterior maupun interior.

Baca juga: Cara Memahami Detail Penting dalam Desain Arsitektur

1. Proporsi 

Proporsi adalah kesesuaian elemen arsitektur dengan lingkungan sekitar. Aspek ini memungkinkan sebuah bangunan dapat terlihat estetis dan seimbang dengan bangunan-bangunan di sekitarnya. Seorang arsitek bisa menerapkan dan mengikuti standar umum yang sudah ditetapkan.

2. Irama

Irama merupakan penataan elemen. Setiap elemen yang ada dalam sebuah bangunan, memerlukan penataan yang sesuai agar bisa terlihat padu dan harmonis. Elemen-elemen tersebut mencakup bentuk, warna, dekor ruangan, hingga perabotan rumah tangga.

3. Komposisi 

Elemen-elemen yang ada dalam rumah, juga harus ditata sedemikian rupa dalam ruang-ruang yang terencana. Hal tersebut dapat diwujudkan melalui pembagian zona berdasarkan fungsinya. Mulai dari ruang tamu, ruang makan, dapur, kamar tidur, gudang, ruang laundry, dan lain sebagainya.

4. Keseimbangan

Setiap bangunan eksterior dan interior memerlukan keseimbangan desain. Dalam hal ini, arsitektur akan menawarkan untuk menerapkan keseimbangan simetris atau asimetris. Mereka akan memberikan gambaran visual yang bisa menjadi perkiraan untuk klien menetapkan keseimbangan.  

5. Kontras

Kontras atau focal point yang dimaksud di sini adalah menerapkan elemen mencolok yang bisa menjadi perhatian utama dalam desain. Seperti halnya penggunaan sofa unik berwarna merah atau kuning di tengah-tengah ruangan berwarna putih. 

Para arsitek juga mengaplikasikan elemen kontras pada desain eksterior. Seperti menerapkan bentuk jendela persegi panjang unik di antara rangka-rangka jendela berbentuk melingkar. Jendela persegi panjang itu tentu akan mencolok dan menjadi fokus utama.

Jadi, membangun ruang yang inspiratif melalui desain arsitektur membutuhkan kolaborasi antara arsitek, desainer interior, dan pengguna. Dengan memahami kebutuhan dan aspirasi pengguna, arsitek dapat menciptakan ruang yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pengguna.

Ingin mewujudkan ruang impian?

PT Bumi Daya Plaza siap membantu Anda dengan layanan konstruksi bangunan yang terpercaya dan profesional. Kami memiliki tim arsitek dan desainer interior&eksterior yang berpengalaman serta tenaga kerja yang terampil. Kami juga telah dipercaya melayani Perusahaan BUMN/BUMD di Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, yuk kunjungi website resmi Bumi Daya Plaza!