Pernahkah Anda membayangkan bagaimana sebuah perusahaan dapat berjalan dengan begitu lancar dan terorganisir? Di balik kesibukan dan hiruk pikuknya dunia kerja, terdapat sosok-sosok penting yang berperan sebagai roda penggerak, memastikan kelancaran operasional perusahaan. Ya, mereka adalah para staf administrasi.

Lebih dari sekadar mengurus surat-menyurat dan menjawab telepon, staf admin memiliki peran penting dalam menunjang berbagai aspek penting dalam perusahaan. Tidak heran jika banyak perusahaan yang mencari staff di bidang ini apalagi jika perusahaan sudah mulai berkembang pesat. Apa saja peran dan tanggung jawabnya itu?

Baca juga: Yuk, Ketahui Apa Saja Tugas Staff Administrasi!

Peran dan Tanggung Jawab Staff Administrasi

Bayangkan sebuah perusahaan tanpa staf admin. Rasanya kacau, bukan? Mengapa? Ini karena bagian administrasi memiliki tanggung jawab penting seperti berikut ini.

  • Memiliki tanggung jawab dalam kegiatan pembukuan besar. 
  • Melakukan perencanaan dalam meeting atau rapat, kemudian conference call dan juga mengatur serta mengelola jalannya rapat dari awal hingga berakhir. 
  • Seorang staff administrasi juga melakukan pengambilan serta pendistribusian notulen rapat. 
  • Melakukan penjagaan yang ketat terhadap file perusahaan, baik file tersebut berbentuk fisik maupun digital yang sifatnya penting serta rahasia. 
  • Mengatur serta penyediaan dokumen, kemudian laporan dan juga informasi yang terkait dengan perusahaan. 
  • Melakukan koordinasi ruang kerja, kemudian juga komputer bahkan juga perlengkapan yang digunakan untuk karyawan baru dengan departemen IT. 
  • Pemeliharaan serta penataan ulang seluruh perlengkapan kantor sesuai dengan kebutuhan masing-masing usaha. 
  • Melakukan proses sortir dan juga distribusi surat-surat di dalam perusahaan. 
  • Menyelesaikan permasalahan, khususnya di bidang administrasi dengan melakukan koordinasi penyusunan laporan, analisa data dan juga mencari solusinya.
  • Membalas email yang masuk ke kotak masuk perusahaan sebagai perwakilan perusahaan. 
  • Staff administrasi bertindak sebagai penghubung antara satu departemen dan departemen lainnya sesuai kebutuhan perusahaan masing-masing. 
  • Memastikan alat tulis yang tersedia di perusahaan atau kantor sudah lengkap dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. 
  • Bekerja secara mandiri maupun kerjasama tim pada proyek khusus maupun hal lainnya yang penting untuk perusahaan dengan kegiatan mencakup presentasi, kemudian pengiriman surat dan tugas lainnya. 
  • Melakukan komunikasi yang baik dengan seluruh pekerja yang ada di dalam perusahaan karena tugasnya juga menjadi jembatan antara satu divisi dengan divisi lainnya.

Demikianlah gambaran peran dan tanggung jawab penting dari seorang staff administrasi, dalam sebuah perusahaan. Menjalankan tugas sebagai staf admin barang tentu bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan ketelitian, ketepatan waktu, dan tentunya kemampuan komunikasi yang baik. Untuk itu, jika perusahaan Anda membutuhkan seorang untuk mengisi bagian administrasi, cari talen terbaik.

Bumi Daya Plaza, menawarkan solusi outsourcing staff administrasi yang komprehensif dan profesional. Kami mengutamakan efisiensi dengan memiliki basis data tenaga kerja alih daya yang siap bekerja secara profesional. Layanan outsourcing kami fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan spesifik perusahaan Anda. 

Hubungi kontak +62 21-3193-6808 sekarang untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait layanan outsourcing kami.