Istilah outsourcing management agaknya sudah sangat familiar dalam dunia kerja. Kendati begitu, tidak menutup kemungkinan masih ada yang belum paham dengan sistem outsourcing ini. Outsourcing sendiri merupakan sebuah strategi untuk manajemen SDM. 

Outsourcing diadakan untuk mengalihkan sebagian hingga seluruh proses usaha pada pihak ketiga. Dengan begitu perusahaan utama bisa lebih fokus ke tugas operasional inti. Hingga kini banyak sekali perusahaan menengah hingga perusahaan besar yang memanfaatkan sistem outsourcing

Mengapa? Apa keuntungan yang didapatnya?

Keuntungan Perusahaan Gunakan Sistem Outsourcing Management

Seringkali muncul pertanyaan mengapa hingga kini masih banyak sekali perusahaan yang menggunakan sistem outsourcing? Hal ini tentu didasari karena adanya keuntungan dibaliknya. Lantas apa saja keuntungannya itu? Berikut beberapa poin detailnya: 

1. Efisiensi Dalam Hal Biaya dan Manajemen

Sistem outsourcing memberikan keuntungan signifikan dalam pengelolaan biaya dan sumber daya manusia bagi perusahaan. Perusahaan tidak perlu menanggung seluruh biaya tetap, termasuk gaji, teknologi, dan lainnya. Selain itu, tanggung jawab terhadap aspek manajemen SDM juga dapat dikelola dengan lebih ringan.

2. Perusahaan Utama Bisa Lebih Fokus ke Inti Usaha

Sebagaimana yang sudah disinggung sekilas di awal, salah satu alasan utama perusahaan menggunakan outsourcing management adalah untuk meningkatkan level fokus pada bisnis inti perusahaan tersebut. Sedangkan tugas non-inti bisa dikerahkan pada pihak outsourcing.  

3. Mendapat Akses Ahli dan Teknologi Update

Secara tidak langsung sistem outsourcing akan memberikan akses perusahaan pada ahli dan teknologi terupdate. Perusahaan bisa lebih efisien dalam hal waktu dan sumber daya. Sehingga perusahaan bisa mengembangkan keahlian karyawan internal. 

Selain itu, perusahaan bisa terus kompetitif di tengah persaingan bisnis dengan memanfaatkan kondisi ini. 

4. Mengurangi Resiko Kerugian Perusahaan

Perusahaan akan lebih fokus pada SDM inti yang bekerja di perusahaan secara langsung. Sedangkan SDM outsourcing diproses oleh pihak ketiga. Maka, resiko kerugian biaya karena banyaknya karyawan bisa diminimalisir. 

Dalam beberapa kondisi, perusahaan yang masih naik turun cenderung punya resiko kerugian bisnis. Maka, dengan menggunakan jasa vendor outsourcing management yang sudah berpengalaman pun resiko ini bisa dikontrol dengan lebih baik. 

Nah, dengan berbagai keuntungan efisiensi dan fleksibilitas yang ditawarkan oleh sistem outsourcing management, tidak mengherankan banyak perusahaan kini beralih ke model bisnis ini. Dan untuk mencapai hak tersebut, Bumi Daya Plaza siap memberikan dukungan professional melalui layanan outsourcing untuk perusahaan Anda. 

Dengan tim yang handal dan berpengalaman, kami berkomitmen untuk memberikan dukungan tenaga alih daya handal untuk optimalisasi kinerja perusahaan Anda. Database kami telah teruji dengan lebih dari 15.000 tenaga alih daya berkualitas, dipercaya oleh perusahaan BUMN dan swasta ternama. Berbagai layanan seperti, pramubakti, pengemudi, teknisi, customer service, administrasi, resepsionis, it, salescall center, dan collection yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan spesifikasi perusahaan Anda.

Ingin mendapat informasi lebih lanjut terkait layanan kami? Yul, kunjungi website resmi Bumi Daya Plaza!