Penilaian properti adalah proses yang dilakukan oleh penilai profesional untuk menentukan nilai pasar suatu properti. Nilai pasar ini didefinisikan sebagai harga yang kemungkinan besar akan diperoleh dari penjualan properti dalam transaksi sukarela antara pembeli yang bersedia dan mampu membeli, dan penjual yang bersedia dan mampu menjual, di mana kedua belah pihak tidak bertindak di bawah paksaan.

Bagi pemilik gedung, memahami nilai properti mereka adalah hal yang krusial. Penilaian terhadap properti yang akurat memberikan banyak manfaat, mulai dari membantu menentukan harga jual yang wajar, hingga menjadi dasar pengambilan keputusan keuangan yang tepat.

Pentingnya Penilaian Properti Bagi Pemilik

Tentunya banyak alasan yang membuat para pemilik aset perlu menentukan nilai ekonomi sebaik mungkin. Bagi pemilik gedung, mengetahui nilai aset itu lebih dari sekadar menentukan harga jual, tetapi menjadi peluang dan keuntungan.

1.  Sebagai Tujuan Perpajakan

Pemilik gedung harus memahami bahwa sudah ada berbagai pajak yang perlu dibayarkan kepada negara tiap tahunnya. Mulai dari pajak sewa tanah, pajak tanah kosong, pajak kekayaan, pajak kota, dan lainnya yang bisa diketahui dengan memperhitungkan nilai properti terlebih dahulu. 

2.  Keperluan Jual Beli Gedung

Penilaian properti sangat penting untuk memahami trend pasar yang sedang terjadi. Jika Anda berniat untuk transaksi jual beli gedung, setidaknya sudah memiliki laporan memadai terkait lokasi, kondisi, fasilitas, dan informasi penting lainnya yang dibutuhkan oleh pasar. 

3.  Kebutuhan Sewa Properti

Dengan mengetahui nilai ekonomi aset gedung, sebagai pemilik, Anda lebih mudah menentukan harga sewa secara adil sesuai standart pasar properti. Pada umumnya harga sewa berkisar antara 6-10% dari harga jual properti, sehingga bisa masuk akal di mata semua calon penyewa nantinya. 

4.  Akuisisi Wajib atau Pemindahan Aset

Berniat melakukan lelang properti? Setidaknya para pemilik aset gedung perlu memperkirakan penilaian properti terlebih dahulu. Anda akan lebih mudah menentukan harga lelang, khususnya saat suatu perusahaan mengalami kebangkrutan dan perlu melakukan ambil alih semua harta. 

Secara keseluruhan, dengan memahami penilaian properti, Anda bisa mendapatkan berbagai peluang dan memaksimalkan keuntungan. Namun, mengelola properti untuk dapat mengoptimalkan nilainya membutuhkan keahlian dan dedikasi. Di sinilah Bumi Daya Plaza hadir sebagai mitra terpercaya Anda!

Kami menawarkan layanan pengelolaan properti yang komprehensif dan terdepan, termasuk cleaning servicemechanical electrical, pengelolaan rumah dinas, pest controllandscape, pembersihan facade, pengelolaan residensial, dan maintenance lift. Didukung tenaga ahli yang profesional, Anda akan mendapatkan pelayanan lengkap mulai dari teknisi berpengalaman, jasa kebersihan, sampai manajemen parkir profesional.

Kunjungi langsung Bumi Daya Plaza dan dapatkan layanan terbaik untuk properti Anda!