Sebagian banyak karyawan menghabiskan setidaknya 8-9 jam di kantor bahkan tidak jarang lebih dari itu, setiap hari. Memiliki ruang kantor yang nyaman pastinya menjadi idaman semua karyawan sehingga dapat menunjang produktivitasnya ketika harus menyelesaikan pekerjaan.

Bagi perusahaan, meningkatnya produktivitas karyawan sangat berpengaruh pada keuntungan yang dapat dibukukan. Karyawan yang dapat mempunyai performa bagus dalam bekerja pastinya akan membantu perusahaan untuk bisa mencapai target yang telah ditentukan.

Untuk itu, sebagai pemilik perusahaan, Anda perlu menggunakan ruang kerja yang tepat bukan? Berikut ini kami akan bagikan jenis-jenis ruangan kantor yang bisa Anda jadikan inspirasi. Simak yuk!

Jenis-jenis Ruang Kantor

Mungkin bagi sebagian karyawan tidak menganggap penting bagaimana ruangan yang ditempatinya untuk bekerja setiap hari. Wajar kalau kemudian karyawan sering merasa jenuh, capek dan stres akibat pekerjaan yang dilakukan terus menerus. Padahal sebenarnya hal seperti itu dapat diantisipasi dengan mendesain atau membuat ruangan kerja yang nyaman, sehingga bisa mengurangi kejenuhan dan mencegah stres. 

Nah, mungkin jenis ruangan kerja berikut ini dapat dijadikan pilihan di perusahaan Anda.

Baca juga: Ruang Kantor Terbuka vs. Tertutup, Pilih yang Mana Ya?

1. Kubikel atau Ruang Tertutup

Jenis ruang kantor yang paling umum digunakan yaitu berbentuk kubikel. Ini adalah bentuk ruangan yang tertutup dimana setiap bagian dipisahkan dengan sekat-sekat, yang terbuat dari tembok, papan kayu, gipsum dan sebagainya.

Biasanya setiap kubikel ditempati oleh satu atau lebih karyawan yang berada dalam satu divisi yang sama. Kelebihan ruangan kantor kubikel adalah bisa meningkatkan konsentrasi dan juga menjaga kerahasiaan antar tim/devisi.

2. Ruangan Terbuka (Open Space)

Kebalikan dari kubikel yaitu ruangan kantor yang terbuka. Kantor dengan model ruangan seperti ini biasanya lebih luas dan memungkinkan karyawan antar bagian saling berinteraksi. Umumnya, ruangan yang digunakan cukup luas dan hampir tidak ada sekat yang memisahkan.

Ruangan kantor yang terbuka seperti ini lebih mudah untuk melakukan pengawasan terhadap karyawan, selain itu juga tata cahaya dapat diatur sedemikian rupa sesuai kebutuhan dan senyaman mungkin. Hanya saja kalau berada di ruangan kerja yang terbuka sulit untuk menjaga konsentrasi.

3. Ruangan dengan Taman

Adanya taman di dekat ruangan kerja diharapkan dapat mengurangi kejenuhan dan mencegah stres datang. Sejuknya udara dan hijaunya dedaunan membuat pikiran menjadi segar kembali setelah berjibaku dengan setumpuk pekerjaan.

Ruang kantor dengan konsep taman seperti ini banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar maupun BUMN. Meskipun dari segi biaya pembangunan mungkin lebih mahal, tapi model kantor terbuka dengan taman sangat bagus untuk menopang dan meningkatkan produktivitas kerja karyawan.

Jadi, memilih jenis ruang yang tepat itu penting dalam membangun lingkungan kerja yang kondusif dan produktif. Setiap jenis memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, sehingga penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan karakteristik karyawan Anda.

Nah, Bumi Daya Plaza memiliki layanan building management yang mencakup penyewaan ruang kantor dan coworking space yang kini banyak digunakan perusahaan prestigius baik BUMN, sektor pemerintahan maupun start up swasta.

Berlokasi strategis yang terletak dijantung Ibu Kota, ruang tenant kami modern, mudah dijangkau, serta terjamin kenyamanan dan kebersihannya.

Tunggu apalagi? Yuk, sewa sekarang!