Ini Etika Menjadi Seorang Customer Service yang Wajib Anda Pelajari!
Customer service atau pelayanan pelanggan merupakan bagian terdepan dari perusahaan dalam menghadapi keluhan dan pertanyaan pelanggan. Itulah sebabnya seorang pelayanan pelanggan harus mampu membangun kepercayaan dan hubungan yang baik dengan para tamu. Hal tersebut sangat penting karena akan membantu meningkatkan kualitas layanan yang diberikan serta menjaga reputasi perusahaan.
Dalam menjalankan tugasnya, pelayanan pelanggan harus memiliki etika yang baik sehingga setiap pelanggan yang dilayani merasa dihargai. Etika apa saja yang wajib dipelajari?
Etika yang Harus Dimiliki Customer Service
Menjadi seorang petugas layanan konsumen bukanlah perkara mudah karena harus memiliki skill dan etika tertentu. Oleh karena itu, seseorang dengan posisi kerja ini, wajin membekali diri dengan beberapa etika seperti berikut ini.
1. Sikap Profesional
Etika yang pertama adalah mampu bersikap profesional dalam menghadapi setiap tamu atau pelanggan. Seorang customer service harus bisa menempatkan diri sebagai pihak yang mewakili perusahaan dalam memberikan jawaban dan menangani keluhan pelanggan. Selain itu harus bersikap sabar dan ramah.
2. Komunikasi yang Baik
Selain profesional, petugas layanan konsumen wajib menjaga komunikasi yang baik. Dalam hal ini bahasa yang digunakan harus sopan dan mudah dipahami oleh setiap pelanggan. Tentunya pelanggan akan merasa terbantu dengan seluruh informasi dan solusi yang diberikan.
3. Mendengarkan dengan Baik
Etika lainnya yang wajib dimiliki oleh customer service adalah kemampuan mendengarkan dengan baik. Setiap keluhan dan pertanyaan yang diajukan pelanggan harus ditanggapi dan didengarkan dengan seksama sehingga lebih mudah untuk memberikan solusi yang paling tepat.
4. Menjaga Rahasia
Etika berikutnya adalah kemampuan menjaga rahasia. Dalam hal ini pelayanan pelanggan tidak diperbolehkan membagikan informasi yang diberikan pelanggan tanpa izin. Dengan adanya etika tersebut maka hal itu akan memudahkan dalam membangun kepercayaan pelanggan terhadap layanan dan produk perusahaan.
5. Cepat Tanggap
Petugas pelayanan pelanggan harus mampu bersikap cepat tanggap dalam menghadapi pertanyaan maupun keluhan tamu. Dengan begitu maka setiap tamu akan merasa puas karena mendapatkan solusi yang diharapkan secara cepat dan tepat.
Jadi, dengan memahami dan menerapkan prinsip-prinsip etika dalam setiap interaksi dengan pelanggan, customer service menjadi pondasi utama bagi keberhasilan suatu perusahaan. Etika yang kuat dalam layanan pelanggan akan menciptakan hubungan positif antara perusahaan dan pelanggan, juga membangun reputasi yang solid. Oleh karena itu, perusahaan perlu tenaga alih daya yang siap bekerja dengan professional.
Nah, untuk kebutuhan tersebut Bumi Daya Plaza solusinya!
Melalui layanan outsourcing management, kami menyediakan tenaga alih daya sesuai kebutuhan mitra bisnis. Mulai dari pramubakti, teknisi, customer service, administrasi, dan masih banya lagi. Kredibilitas kami terbukti lewat kerjasama dengan lebih dari 15.000 tenaga alih daya di perusahaan BUMN dan swasta.
Jadi, tunggu apalagi? Kunjungi website resmi Bumi Daya Plaza atau hubungi kontak kami +62 21-3193-6808.