Pada dasarnya lingkungan kerja yang nyaman akan membuat karyawan yang bekerja di dalamnya merasa betah sehingga bisa menunjukkan kinerja yang maksimal. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan desain tata ruang kantor yang tepat dan efektif sesuai bidang pekerjaan yang dijalankan.

Selain nyaman, tata ruang kantor yang ideal akan memudahkan siapa saja untuk berinteraksi dan berdiskusi serta memiliki alur pekerjaan yang efisien. Itulah mengapa ruang kantor harus diatur dan ditata sedemikian rupa agar fungsinya semakin optimal dalam meningkatkan produktivitas kerja.

Lalu, bagaimana menciptakan ruang kantor yang bikin nyaman dan betah para karyawannya?

Tips Menciptakan Desain Tata Ruang Kantor 

Seperti yang diketahui, ruang kantor bukan hanya sekedar tempat untuk bekerja saja tetapi juga sebagai tempat untuk saling berinteraksi sehingga harus nyaman bagi semua karyawan. Nyaman yang dimaksud di sini bukan sekedar estetik tetapi juga harus memperhatikan aspek fungsional di dalamnya.

Selain ruang kerja, ruang kantor biasanya dilengkapi beberapa bagian penting. Seperti ruang meeting, ruang istirahat, pantry, hingga toilet yang disediakan untuk mendukung aktivitas dan pekerjaan sehari-hari. Adapun tips yang bisa dicoba untuk menata desain tata ruang kantor adalah:

Penggunaan Warna yang Tepat

Penggunaan warna yang tepat akan mempengaruhi mood para pekerja yang beraktivitas di dalamnya. Oleh karena itu, warna yang digunakan sebaiknya bukan hanya memberikan kesan estetik saja tetapi juga kesan yang tenang dan nyaman, seperti pada warna netral dan warna pastel.

Furniture yang Fungsional dan Ergonomis

Penggunaan furniture harus diperhatikan dengan baik, agar karyawan bisa bekerja secara optimal. Selain menggunakan sesuai fungsi yang dibutuhkan, furniture juga harus memenuhi syarat ergonomis yang akan mendukung aktivitas dan kesehatan pekerja.

Pencahayaan dan Sirkulasi Udara yang Baik

Tips terakhir dalam meciptakan desain tata ruang kantor yang ideal adalah pencahayaan serta sirkulasi udara yang baik akan membuat lingkungan kerja terasa lebih nyaman. Pencahayaan yang tepat akan mencegah terjadinya kelelahan pada mata, sementara sirkulasi udara yang baik akan memberikan kenyamanan tersendiri saat bekerja.

Selain dari tiga tips diatas, tersedianya ruang istirahat juga cukup efektif untuk mengembalikan performa karyawan setelah bekerja selama berjam-jam. Dan pada akhirnya, desain tata ruang kantor yang ideal adalah yang sesuai dengan kebutuhan dan budaya perusahaan. 

Bumi Daya Plaza menawarkan solusi ruang kantor yang ideal bagi perusahaan yang ingin meningkatkan produktivitas dan retensi karyawan. Dengan desain tata ruang yang modern dan ergonomis, kami menyediakan ruang kerja yang bikin betah bagi karyawan Anda.

Berlokasi di Jl. Imam Bonjol dan kawasan SCBD dan didukung tenant relations, pengelola dan teknisi gedung yang profesional. Layanan building management kami ini juga telah dipercaya beberapa perusahaan baik BUMN, sektor pemerintahan maupun swasta.

Hubungi kontak +62 21-3193-6808 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan menjadwalkan kunjungan ke lokasi!