Lebih dari sekadar tempat bekerja, ruang kantor dapat meningkatkan semangat dan kolaborasi antar karyawan. Desain interior yang ergonomis dan estetis, serta pencahayaan yang memadai dapat berkontribusi pada peningkatan fokus dan konsentrasi. Fasilitas yang lengkap seperti ruang meeting, ruang istirahat, dan area dapur kecil, juga dapat menunjang kenyamanan dan produktivitas karyawan.

Untuk itu, memilih kantor juga merupakan investasi jangka panjang bagi perusahaan. Bagaimana cara memilih kantor yang ideal untuk kebutuhan bisnis?

5 Tips Memilih Ruang Kantor Sesuai Kebutuhan Bisnis

Jika Anda kurang selektif dalam memilih kantor, tentunya akan menimbulkan dampak negatif bagi karyawan perusahaan. Kemungkinan karyawan akan merasa tidak nyaman, sehingga lama kelamaan produktivitas perusahaan menjadi turun drastis. 

Nah, ada beberapa tips untuk memilih ruangan kantor. Ingin tahu? Berikut diantaranya: 

1.  Membuat Daftar Kebutuhan Bisnis

Suatu perusahaan perlu menyediakan kantor sesuai dengan jenis pekerjaan yang akan dilakukan oleh para karyawannya. Sebagai pebisnis pemula, Anda bisa coba buat list kebutuhan perusahaan sebelum mencari informasi mengenai ruang kerja dari media internet maupun media sosial. 

2.  Mencari Berbagai Informasi Ruang Kerja

Jika sudah memahami berbagai kebutuhan bisnis, lakukan riset mengenai informasi ruang kerja yang didapatkan. Beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam memilih ruang kantor diantaranya lokasi, jenis ruangan, luas kantor, fasilitas, harga sewa, dan review.

3.  Melakukan Kunjungan Lokasi Kantor

Untuk memastikan kualitas ruang yang akan digunakan, Anda bisa melakukan kunjungan langsung ke lokasi tertera. Pastikan seluruh fasilitas maupun benefit yang ditawarkan sebelumnya memang benar, sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan saat sudah transaksi sewa. 

4.  Mempertimbangkan Rencana Kedepannya

Bagaimana rencana perusahaan Anda kedepannya? Jika ingin menambah karyawan lebih banyak lagi, pastikan ruang kantor memiliki kapasitas memadai. Pilih kantor yang bisa mengakomodasi semua kebutuhan bisnis, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan budget lebih besar kedepannya. 

5.  Melakukan Negosiasi Harga Sewa Kantor

Walaupun pemilik properti sudah mencantumkan harga, tidak ada salahnya melakukan negosiasi untuk mendapatkan harga lebih terjangkau. Transaksi sewa kantor sebaiknya dituangkan dalam perjanjian tertulis, sehingga tidak ada kendala yang akan menganggu pengembangan usaha. 

Demikianlah tips-tips yang bisa membantu Anda menemukan kantor yang ideal untuk menunjang produktivitas, kenyamanan, dan kesuksesan karyawan.

Nah, Bumi Daya Plaza hadir sebagai solusi tepat untuk kebutuhan Anda. Kami menawarkan berbagai pilihan ruang kantor yang modern, nyaman, dan strategis dengan harga yang kompetitif. Gedung kami dilengkapi dengan berbagai fasilitas lengkap seperti internet berkecepatan tinggi, AC, keamanan 24 jam, dan ruang meeting yang dapat disewa.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera temukan ruangan kantor yang tepat untuk bisnis Anda di Bumi Daya Plaza!